AHLAN WASAHLAN BIKHUDURIKUM
ASSALAMU'ALAIKUM WAROHMATULLOHI WABAROKATUHU

Menu horizontal

Selasa, 17 Januari 2012

IPB di Urutan Ke-3 dari 10 Universitas Bintang Indonesia

Sebenarnya saya tidak terlalu fanatik dalam masalah peringkat universitas di Indonesia, tapi inilah hasil kerja keras mereka menilai. Maka kita patut menghargai penilaian mereka. Tapi bangga juga deh sebagai mahasiswa IPB, karena IPB mendapat bintang terbanyak di Internasionalisasinya. semoga benar-benar menjadi World Class University yang membanggakan.

Sumber ini saya dapatkan dari acara Metro 10 di MetroTV, tayang Selasa,20-09-2011, 21:12 WIB, yang mengulas 10 Universitas Bintang di Indonesia. Tayangan ini dibuat berdasarkan ratifikasi QS Stars Top University. QSStars is based on the key pillars of what makes a World Class University andconsidering additional factors that are often overlooked in university rankingsand other assessments. QS Stars Top University telah meratifikasi sejumlahuniversitas ternama di Indonesia dengan memberikan skor menggunakan simbolbintang. Point yang dinilai adalah penelitian, kepegawaian, pengajaran, infrastruktur,internasionalisasi, inovasi dan keadministrasian. Setiap point diratifikasiuntuk menentukan jumlah bintang agar layak menyandang predikat UniversitasPaling Top versi QS STARS "Rated for Excellence" 2011.
Inilah 10 Universitas Bintang di Indonesia tersebut:

1. Institut Teknologi Bandung.
2. Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya

3. Institut Pertanian Bogor.

4. Universitas Diponegoro Semarang.

5. Universitas Padjadjaran Bandung.

6. Universitas Jember.

7. Universitas Gunadarma Depok.
8. Universitas Katolik Parahyangan Bandung.
9. Universitas Brawijaya Malang.
10.Universitas Bina Nusantara Jakarta.


ITB mendapat skor bintang paling tinggi yakni 4*. ITB mendapat 5* pada point internasionalisasi dan teknologi engineering, 4* pada point infrastruktur daninovasi, 3* untuk penelitian, kepegawaian dan administrasi, 1* untuk pengajaran.

ITS mendapat 3*, dengan perolehan 5* pada pointinfrastruktur, inovasi, dan administrasi, 4* pada point kepegawaian, 3* untukpoint internasionalisasi, 2* untuk pengajaran, 1* untuk penelitian.

IPB memperoleh bintang terbanyak pada point internasionalisasi sebanyak 5*, dan masing-masing 4* pada poin infrastruktur dan inovasi, 3* untuk administrasi, masing-masing 2* untuk kepegawaian dan pengajaran, serta masing-masing 1* untuk pertanian dan penelitian

Undip unggul di infrasturktur dan administrasi dengan memperoleh 5*, 4* untuk point internasionalisasi, 3* untuk kepegawaian,dan masing-masing 1* untuk penelitian, pengajaran, dan inovasi.

Unpad mendapat 5* untuk point internasionalisasidan administrasi, 4* pada infrastruktur, 3* untuk kepegawaian, 2* untuk penelitian dan masing-masing 1* untuk pengajaran dan inovasi.

Unjem mendapat 5* pada point infrastruktur dan administrasi, masing-masing 3* untuk internasionalisasi dan kepegawaian, dan masing-masing 2* untuk pengajaran dan penelitian.

Gundar mendapat 5* pada administrasi, masing-masing 4* pada kepegawaian dan inovasi, 3* untuk infrastruktur, dan masing-masing 1* untuk inovasi dan pengajaran

Unpar secara keseluruhan mendapat predikatbintang dua, dengan point adminstrasi sebagai point yang mendulang 5*, 4* padainfrastruktur, masing-masing 3* untuk internasionalisasi dan kepegawaian, sertamasing-masing 1* pada poin pengajaran dan inovasi.

Unibraw mendapat dua bintang untuk Rated forExellence. Dengan penyebaraan masing-masing 4* untuk kepegawaian danadministrasi, masing-masing 3* untuk infrastruktur dan inovasi, 2* untuk penelitian, serta maing-masing 1* untuk pengajaran dan internasionalisasi.

original link: http://forum.kompas.com/sekolah-pendidikan/41847-10-universitas-bintang-di-indonesia-metro10-metrotv-selasa-20-09-2011-21-12-wib.html

         

Cari Blog Ini