AHLAN WASAHLAN BIKHUDURIKUM
ASSALAMU'ALAIKUM WAROHMATULLOHI WABAROKATUHU

Menu horizontal

Jumat, 13 Januari 2012

PKMT yang Akhirnya Didanai Oleh Dikti

Siapa yang nggak senang saat PKM-nya didanai oleh DIKTI. Hal ini karena memang inilah bukti kreativitas mahasiswa yang mendapat apresiasi dari pemerintah Indonesia untuk direalisasikan menjadi sebuah karya anak negeri. 
Setelah menunggu sekitar dua bulan, akhirnya pengumuman ini keluar juga. Semuanya berawal dari ide yang mungkin bisa dibilang gila dan aneh. Tapi sebenarnya itulah nilai kreativitas kita untuk bisa membuat sesuatu yang bermanfaat. 
Alat yang saya rancang yaitu tentang alat pencetak opak singkong. Pada awalnya, desain dirancang dengan penambahan otomatisasi dengan sistem kontrol pembagi frekuensi. Kontrol yang digunakan akan menggerakan alat pencetak tanpa bantuan manusia (otomatis). 
Ide ini muncul karena keinginan yang cukup besar untuk membantu para pembuat opak singkong di daerah Tasikmalaya yang terbilang masih sangat manual. 
Dengan berkonsultasi dengan dosen yang mumpuni dibidangnya, dihasilkan berbagai pertimbangan tentang karakteristik teknik bahan dan konstruksinya. Sehingga diputuskan bahwa alat dibuat semi otomatis dengan mempertimbangkan juga harga jual alat yang cukup mahal. 
Pada intinya, kegiatan ini diharapkan mampu memunculkan kreativitas-kreativitas mahasiswa dan kerjasama kelompok yang baik. 
Sempat terpikirkan bahwa kami akan mengambil dana maksimum yang dicanangkan DIKTI, yaitu Rp 10 juta, namun setelah dipikir-pikir, masyarakat menengah kebawah tidak harus juga membeli alat-alat yang terlampau mahal nantinya pasca produksi. Akhirnya kami putuskan untuk mengajukan Rp 7 juta.
Oke, saatnya mulai memikirkan kedepannya agar bisa terealisasi. Meskipun nanti bonusnya jika lolos lagi akan masuk PIMNAS selanjutnya.
Keep Spirit !

Cari Blog Ini