AHLAN WASAHLAN BIKHUDURIKUM
ASSALAMU'ALAIKUM WAROHMATULLOHI WABAROKATUHU

Menu horizontal

Rabu, 27 Juli 2011

TIPS MENDAPATKAN IPP ASRAMA "A"

Apa itu IPP Asrama ?
IPP adalah kependekan dari Indeks Prestasi Program dengan kata lain, mahasiswa baru Institut Pertanian Bogor hidup selama satu tahun di asrama selalu ada dalam panatuan Senior Residence (SR). Program yang dikembangkan terangkum dalam Program Pembinaan Akademik dan Multi Budaya (PPAMB). Program  ini  dianggap sebagai solusi yang tepat untuk meningkatkan kecerdasan intelektual, fisik, dan rohani mahasiswa baru.

Apakah IPP Asrama Penting ?
Pertanyaan inilah yang membuat mahasiswa kurang peduli terhadap IPP Asrama. Jawabannya tentu penting. IPP Asrama ini diberikan bersamaan dengan surat bebas asrama yang akan berpengaruh terhadap pelaksaan kelulusan di akhir nanti. Ketika dilaksanakan wisuda beberapa tahun  kemudian, IPP Asrama dan Surat Bebas Asrama inilah yang menjadi syarat cukup dan perlu untuk di wisuda. Apa akibatnya jika tidak punya berkas tersebut ? Akibatnya kita bisa lulus (keluar) dari IPB namun tanpa di wisuda. Harapannya semua mahasiswa tingkat persiapan bersama tidak meremehkan program-program yang ada di Asrama.

Bagaimana Sistem Penilaiannya ?
Penilaian dilihat dari berbagai aspek. Hal tersebut karena beragamnya kemampuan mahasiswa dengan minat yang berbeda-beda pula. Penilaian dilihat dari deretan program-program Asrama yang kita ikuti, baik harian, mingguan, bulanan, atau tahunan. Misalnya saja SOGA lorong, SOGA gedung, Naji Lorong, Ngaji Gedung, Apel, Seminar, Pelatihan, MAPRES Asrama, Mengikuti Club Asrama, dan lain-lain.

Bagaiman cara mendapat nilai IPP Asrama "A" ?

Mungkin tips ini bisa di coba :
1. Ikuti kegiatan rutin seperti soga lorong, soga gedung, ngaji lorong, ngaji gedung, dan apel pagi minimal 2/3 dari keseluruhan kehadiran (jika memang benar-benar ada kegiatan yang bentrok).]*
2. Masuk salah satu Club di Asrama (kalau bisa jadi ketuanya atau BPH, itu lebih aman).]*
3. Mengikuti kegiatan tahunan minimal satu atau dua seperti kegiatan bakti sosial, seminar, Pelatihan, dan MAPRES (Mahasiswa Berprestasi).]*
4. Mengikuti lomba yang diadain oleh pihak asrama.]*

 Tips diatas dirasa cukup untuk mendapatkan nilai total > 75 atau "A".
Semoga bermanfaat.

Cari Blog Ini