AHLAN WASAHLAN BIKHUDURIKUM
ASSALAMU'ALAIKUM WAROHMATULLOHI WABAROKATUHU

Menu horizontal

Rabu, 27 Juli 2011

HATI-HATI DENGAN NILAI MUTU

Selamat menempuh UTS perdana ya,

Mahasiswa IPB angkatan 48 yang berbahagia, apakah anda mendambakan nilai A pada setiap mata kuliah yang disajikan ? eitch, tunggu dulu, di IPB berlaku nilai mutu loh. Nilai mutu merupakan nilai yang menggunakan sistem jangkauan tanpa membedakan besar kecilnya. Misalnya jika nilai A berada pada jangkauan 75-100, maka anda yang bernilai 75.1 dengan orang lain yang bernilai 99.1 mempunyai harkat martabat yang sama, yaitu bernilai mutu A.

Hal yang perlu anda perhatikan adalah kontrak perkuliahan anda dengan dosen anda pada waktu awal kuliah (jangan malah tidur atau men-cu-x-kan dosen). Hal tersebut karena akan berpengaruh pada perhitungan target nilai anda nantinya. Sebelum ujian anda akan bisa memprediksi harus bernilai minimal berapa agar sesuai dengan nilai mutu yang diharapkan.

Imbasnya apa ? yah lumayan menyedihkan imbas dari nilai mutu ini. nilai mutu berarti sebagai berikut : A = 4, B = 3, C = 2, D = 1, dan E = 0. Coba anda perhatikan sks tiap mata kuliah. jika misalkan sks matkul fisika 3, dan anda mendapat nilai A pada ujiannya, maka anda investasi nilai sebesar 4 x 3 = 12.sekarang bandingkan jika anda mendapat nilai C pada matkul fisika tersebut, maka anda hanya investasi nilai sebesar 2 x 3 = 6. jauh sekali bukan ? sampai setengahnya dan itu akan menghasilkan perubahan cukup drastis pada IPK anda nantinya. Begitu pula dengan nilai-nilai yang lain, masih mending jika matkul yang hanya 1 sks ( 4 x 1 = 4, 2 x 1 = 2). So, ayo perhitungkan dengan melihat sks-nya dan usahakan nilai-nilai dengan sks besar mendapat nilai yang besar juga ya.

Belajar dari sekarang memperhitungkan IP anda sebelum menyesal. caranya ? ya, dengan cara di atas dan lebih lanjut anda akumulasikan semua nilai anda dan bagi dengan jumlah sks semuanya, itulah nilai IP anda.

semangat ya, semoga semakin banyak yang mendapat IP 4 dan tidak ada yang jatuh pada lubang yang sama.

Salam hangat dari kami LASKAR INSPIRASI 47 - Bergerak nyata, meraih prestasi, laskar laskar laskar Inspirasi.tiiiing

Cari Blog Ini