AHLAN WASAHLAN BIKHUDURIKUM
ASSALAMU'ALAIKUM WAROHMATULLOHI WABAROKATUHU

Menu horizontal

Rabu, 27 Juli 2011

SEIMBANGKAN AKADEMIK DENGAN MENTORING

Institut Pesantren Bogor, itulah salah satu julukan kampus kita tercinta. Bukan hal yang di buat-buat ketika julukan itu muncul karena ada beberapa indikasi yang melatarbelaknginya. diantaranya :
  • IPB selalu aktif dalam organisasi dakwah kampus se-Indonesia.
  • IPB selalu mengikuti lomba-lomba berbasis keagamaan dan menang tentunya.
  • IPB memiliki banyak UKM dan LS yang bergerak dalam dakwah.
  • IPB selalu membudayakan mentoring dari senior terhadap juniornya.
  • IPB memiliki asrama bagi semua mahasiswa barunya.
  • IPB memiliki mesjid kampus terbesar ke-2 se-Indonesia.
  • IPB tidak menyukai kekerasan dan saling sayang-menyayangi satu sama lain.
  • dll.

Point ke-4 adalah fokus bahasan kali ini. mentoring ini seakan sudah membudaya di kampus kita. Ketika kegiatan perkuliahan dan tugas-tugas mencekik kita, alangkah tenangnya jika kita melangkahkan kaki sejenak ke mesjid Al-Hurriyyah untuk mentoring dengan senior kita. Disana kita akan saling berbagi tentang pengalaman dan ilmu keagamaan tentunya. Banyak yang mengatakan bahwa mentoring akan membawa ketidaknyamanan atau kesesatan. Itulah pikiran yang sempit dan sebenarnya dia sendiri tidak mau menerima kebenaran. Jika pikiran seperti itu terus ada dalam pikiran para pemuda, lalu kapan kita akan mendapatkan ilmu agama yang jelas-jelas akan menyeimbangkan keduniaan kita di kampus ini. Memang kita perlu memilah dan memilih siapa yang akan menjadi mentor kita. Indikasi bahwa mentor kita seorang yang lurus agamanya gampang saja. Anda perhatikan setiap kata-katanya, apakah berdasarkan AlQur'an dan Al Hadits atau tidak. Apakah ada unsur-unsur penyimpangan dari norma-norma yang berlaku atau tidak.
Bagi anda yang beragama islam tentunya, sudah saatnya kita bangkit dan mendalami Al Qur'an. Hal tersebut karena Ilmuwan Muslim IPB ini selalu berpegang teguh bahwa yang kita pelajari di perkuliahan adalah bersumber dari Al Qur'an meski secara implisit.
Mari bersama seimbangkan jasad dan ruh kita agar menjadi manusia seutuhny

Cari Blog Ini