AHLAN WASAHLAN BIKHUDURIKUM
ASSALAMU'ALAIKUM WAROHMATULLOHI WABAROKATUHU

Menu horizontal

Selasa, 17 Mei 2011

Harga Sebuah Cinta dan Kasih Sayang


            Setiap insan yang punya hati dan pikiran akan mengenal yang namanya cinta. ketika cinta itu dicari, yang nampak hanyalah bayangan cinta sang pemilik cinta pada sang pencari cinta. Lalu siapakah yang mengatur masalah cinta ? Apakah cinta bisa dipaksakan ? tentu setiap orang yang beriman akan mengatakan bahwa Allah lah yang memiliki cinta itu dan sekaligus mengaturnya untuk manusia di bumi. coba kita perhatikan mereka yang selalu bermusuhan. Apa mereka tidak punya rasa cinta ? Ya mereka melakukan itu karena mereka sendiri tidak sadar bahwa mereka sedang dicintai oleh Tuhannya. Kehidupannya telah melupakan bahwa cinta Allah pada makluknya takkan terhitung dan takkan terbalas oleh bakti kita kepadanya. Akhirnya mereka akan sadar bahwa saling mencinta itu amat penting karena dia sendiri selalu dicinta.


            Jika cinta begitu berharga dalam diri seseorang, dia akan senantiasa menjaganya. Dia akan selalu merasa senang dan dunia ini serasa damai. Tidak ada permusuhan karena memang menausia diciptakan untuk menjadi khalifah di muka bumi. sadarkah anda bahwa kekuatan cinta itu amat kuat. Seringkah anda memperhatikan perasaan cinta seorang ibu pada anaknya. Sampai suatu saat kita mendapatkan musibah, ibu kita merasa sakit dan ketidaktenangan. Batin yang mengatur masalah itu. sedangkan bathin itu adalah makhluk bagian dari makhluk Tuhan yang halus. Kita akan mudah mencintai jika kita sudah merasa dicintai yakni dicintai oleh sang pemilik cinta itu sendiri, Allah.
             salahkah jika kita mencintai seseorang makhluk Tuhan ?
Tidaklah kita salah mempunyai rasa cinta pada sesama makhluk. misalkan saja cinta pada harta, cinta pada ayah dan ibu, cinta pada lawan jenis, dan lain-lain. Itu hal yang wajar, namun hal yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai rasa cinta itu melebihi dari rasa cinta kita pada sang pemilik cinta, Allah. Dalam sebuah hadits Rasulullah saw disebutkan bahwa tanda Allah menjauh dari seorang hamba adalah disibukkannya dia dengan urusan dunia. menurut logika saja, jika anda mencintai seseorang lalu engkau mendua dengan lebih mencintai seorang yang lain, betapa marahnya seorang yang lain itu bukan. Tapi Allah tidak seperti itu pula. Bukan berarti mau menyamakan Allah dengan makhluk dalam konteks contoh diatas.
             Cinta tau kasih sayang Allah sebagian besar diberikan pada setiap manusia baik yang Mu'min atau yang kafir. kurang baik apa Allah pada setiap manusia. Namun kebanyakan manusia mengingkarinya. Tidak bisa dipungkiri bahwa sebagian kecil lagi dari kasih sayang Allah akan diberikan khusus untuk orang-orang yang beriman kelak di akhirat yang kekal abadi. semoga kita bisa mendapatkan kasih sayang yang kecil itu, namun sangat luar bisa dibandingkan nikmat dunia.
          Jika seseorang sudah mengenal dirinya, maka dia akan mengenal Tuhannya. Ungkapan itu bukan omong kosong semata. Jika kita perdalam masalah aqidah islamiyah, disana akan dipaparkan alasan yang jelas tentang ungkapan tersebut. misalkan sebagai contoh, sifat pertama bagi Allah adalah Wujud yang artinya ada. Dalil naqlinya ada dalam AlQur'an bahwa Allah telah menciptakan langit dan bumi beserta isinya. Sedangkan  dalil aqlinya seperti ini, kita ada karena ada yang menciptakan. Kita tidak akan ada jika tidak ada yang menciptakan. Lalu siapakah yang menciptakan kita dari tidak ada menjadi ada ? jawabannya tentu harus ada sang pencipta yaitu Allah. Sedangkan  pencipta itu tidak diciptakan oleh yang lain melainkan harus berdiri sendiri dan esa (satu). Jika tidak esa maka Tuhan-Tuhan akan berselisih dalam penciptaan suatu makhluk. Tuhan tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. begitu banya contoh-contoh dalil akal yang bisa memperdalam keimanan kita.
           Namun satu hal yang perlu diingat bahwa dalam Al-Qur'an diterangkan bahwa janganlah kita menanyakan sesuatu yang tidak patut kita tanyakan tentang Allah melainkan kita sendiri nanti yang akan ditanya oleh Allah kecuali jika itu akan mendatangkan manfaat bagimu.

  ______________________________________________________________________________

cara membuat blog  yang baik
cara mendapatkan uang dengan internet
cara meningkatkan keimanan dan ketakwaan
          

Cari Blog Ini