AHLAN WASAHLAN BIKHUDURIKUM
ASSALAMU'ALAIKUM WAROHMATULLOHI WABAROKATUHU

Menu horizontal

Kamis, 26 Mei 2011

Bogor Agricultural University (IPB) as World Class University

 UNIVERSITAS KELAS DUNIA

Sejak akhir Januari 2006, Departemen Pendidikan Nasional telah membentuk Tim Gugus Tugas penetapan 10 Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia yang akan dipersiapkan sebagai universitas-universitas yang akan dikembangkan menjadi ‘universitas kelas dunia’ (world-class university).
Pengembangan sejumlah universitas menjadi world-class university sudah dilakukan di banyak negara Asia, khususnya di Korea Selatan, Cina, Singapura, dan bahkan Thailand. Dalam kunjungan yang diprakarsai Dubes RI untuk Thailand, Ibrahim Yusuf, dan Atdikbud Muhammad Huda baru-baru ini, saya melihat Pemerintah Thailand sangat serius pula mengembangkan universitas-universitas mereka untuk mencapai standar internasional.
Melalui perencanaan yang serius dan matang serta didukung anggaran yang lebih daripada memadai, mulai muncul universitas-universitas kelas dunia di negara-negara tersebut, yang mampu bersaing di tingkat internasional. Kemunculan mereka bahkan dipandang ‘mengancam’ hegemoni PT di Eropa dan Amerika, yang selama ini sangat dominan; kekhawatiran mulai mencuat di kalangan mereka, bahwa jika mereka tidak melakukan langkah-langkah seperlunya, maka PT-PT mereka akan kehilangan competitive edge-nya.
Bukan rahasia lagi, tidak banyak PT Indonesia yang mampu bersaing di tingkat internasional; bahkan untuk level nasional saja, sebagian besar belum memenuhi harapan. Banyak faktor penyebabnya sejak dari tradisi universitas yang relatif baru, hanya sejak masa pasca Kemedekaan Indonesia mulai memiliki universitas; pembiayaan yang minim; kualifikasi sumber daya dosen yang rendah; fasilitas yang tidak memadai; tidak ada atau kurangnya jaringan nasional dan internasional, dan sejumlah faktor lainnya lagi.
Tak kurang pentingnya, Pemerintah Indonesia dalam kebijakan politik pendidikannya sejak masa kemerdekaan hampir tidak pernah memprioritaskan pendidikan tinggi. Prioritas utama lebih diberikan pada pendidikan dasar. Karena itu, mudah dipahami, bahwa jika untuk mewujudkan pendidikan universal untuk tingkat dasar saja pemerintah keteteran, bagaimana mungkin memprioritaskan pendidikan tinggi.
Lebih jauh, prioritas pada pendidikan dasar bisa dipahami sangat penting untuk mengangkat harkat rakyat secara keseluruhan. Tetapi pada saat yang sama, jika pemerintah dan masyarakat tidak memiliki kapasitas untuk mengembangkan secara merata seluruh PT, sudah selayaknya dikembangkan beberapa PT yang setidaknya bisa menjadi ‘token’, pertanda, adanya PT Indonesia yang representatif untuk bersaing di tingkat internasional.
Seperti dikemukakan Philip G Albach dalam The Costs and Benefits of World-Class Universities (2005), ‘universitas kelas dunia’ adalah ‘universitas yang memiliki rangking utama di dunia, yang memiliki standar internasional dalam keunggulan (excellence)’.
Keunggulan tersebut mencakup, antara lain, keunggulan dalam riset yang diakui masyarakat akademis internasional melalui publikasi internasional; keunggulan dalam tenaga pengajar (profesor) yang berkualifikasi tinggi dan terbaik dalam bidangnya; keunggulan dalam kebebasan akademik dan kegairahan intelektual; keunggulan manajemen dan governance; fasilitas yang memadai untuk pekerjaan akademis, seperti perpustakaan yang lengkap, laboratorium yang mutakhir; dan pendanaan yang memadai untuk menunjang proses belajar-mengajar dan riset. Dan tidak kurang pentingnya, keunggulan dalam kerja sama internasional, baik dalam program akademis, riset, dan sebagainya.
Jelas tidak mudah bagi PT-PT Indonesia mencapai berbagai keunggulan tersebut. Tetapi, jika pemerintah, masyarakat, dan kalangan PT-PT Indonesia serius memiliki world-class universities, maka jelas tantangannya tidak sederhana. Namun, peluang bukan tidak ada. Keputusan Mahkamah Konstitusi belum lama ini yang mewajibkan pemerintah pusat dan daerah menganggarkan minimal 20 persen APBN untuk pendidikan, dapat menjadi peluang untuk lebih menyeriusi peningkatan kualifikasi PT Indonesia menjadi world-class universities. Selain dianggarkan terutama untuk pendidikan dasar, sebagian anggaran pendidikan tersebut seyogianya dialokasikan untuk akselerasi beberapa PT Indonesia ke kelas internasional.
Seperti pengalaman banyak PT world-class, tidak seluruh program akademis mereka dapat dikatakan sepenuhnya berkelas internasional; mungkin hanya beberapa program tertentu saja. Karena itu, PT-PT Indonesia dapat mengembangkan beberapa program akademis tertentu yang dapat dikembangkan mencapai standar internasional. Jika ini saja bisa dilakukan, jelas merupakan langkah strategis ke arah terbentuknya world- class university di Indonesia.
Institut Pertanian Bogor (Bogor Agricultural University) hadir sebagai universitas kelas dunia yang dimiliki bangsa Indonesia. Dengan berbagai penawaran kontribusi yang kompetitif bagi perkembangan negara, IPB mempunyai kualitas yang tak terkalahkan. Berbagai kompetisi serta pengakuan lokal dan internasional pun diterima IPB sebagai suatu anugerah yang maha kuasa. Dengan mottonya " Mencari dan Memberi yang Terbaik, Searching and Serving The Best", IPB mempunyai misi bisa menjadi perguruan tinggi riset kelas dunia dengan basis pertanian dan kewirausahaan.

Cari Blog Ini