AHLAN WASAHLAN BIKHUDURIKUM
ASSALAMU'ALAIKUM WAROHMATULLOHI WABAROKATUHU

Menu horizontal

Selasa, 02 Agustus 2011

IPB Tetap Targetkan Menjadi Penyumbang Proposal PKM Terbanyak

 
           Gambar di samping merupakan bukti bahwa pengajuan proposal PKM dari IPB yang didanani selalu berada pada urutan teratas. Dengan kondisi seperti ini, IPB tetap akan berusaha untuk mempertahankannya. Berbagai kegiatan pembimbingan pun lebih digencarkan lagi. Acara yang bisa dibilang paling besar adalah acara P4 (Program 1500 Proposal) yang diadakan oleh FORCES IPB. Acara ini terbuka untuk umum dan GRATIS. Pendaftaran dibuka dari tanggal 1-17 Agustus 2011. Para mahasiswa yang mendaftar disarankan sudah memiliki tim supaya ada sinergisitas antar personalnya. Berdasarkan Panduan PKM yang dikeluarkan oleh DIKTI, disarankan dalam satu tim harus berbeda angkatan dengan  alasan regenerasi bagi angkatan dibawahnya. Dalam satu tim bisa 3-5 orang dari berbagai jurusan.
           Apakah sampai disana ?
Kegiatan pembimbingan ini akan berkesinambungan sampai pengumpulan proposal ke Ditmawa IPB. Setelah proses seleksi dan koreksi dari Ditmawa IPB, proposal akan langsung dikirimkan ke DIKTI untuk diseleksi. Pengumpulan ke DIKTI  sekitar bulan Oktober 2011. Untuk mempersiapkan itu, mahasiswa dituntut untuk memikirkan ide-ide kreatif dimulai dari sekarang dalam berbagai macam PKM yang tersedia, yaitu PKM-P, PKM-T, PKM-K, PKM-M, PKM-GT, PKM-KC, dan PKM-AI.
            Selain pembimbingan yang diadakan oleh forces tersebut, pembimbingan juga dilakukan disetiap fakultas dan departemen. Namun bedanya, pembimbingan di departemen lebih mengarah sesuai keahlian sesuai departemennya. Sebagai contoh, karena penulis jurusan Teknik Mesin dan Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian IPB, maka disarankan untuk mengikuti PKM bidang Penerapan Teknologi (PKM-T). Mekipun tidak menutup kemungkinan mengikuti PKM yang lain seperti PKM bidang Kewirausahaan (PKM-K) misalnya. Hhe
            Semua Jenis PKM tersebut akan diseleksi oleh DIKTI. Setelah itu, yang lolos seleksi akan didanai dengan dana maksimal 10 juta untuk PKM-P, PKM-T, dan PKM-K. Sedangkan untuk PKM-GT, PKM-AI, dan PKM-KC diberi insentif maksimal 3 juta. Setelah dana cair, maka dikti akan melakukan monitoring yang kemudian akan menjadi pertimbangan pada tahap selanjutnya, yaitu  PIMNAS kecuali PKM-GT. Pada saat PIMNAS, kita harus mempersiapkan presentasi proposal kita dengan segala pertanggungjawabannya. Di PIMNAS ke-12 yang diadakan di Makassar kemarin, IPB meraih 3 Emas, 4 Perak, 2 Perunggu, dan 1 tim terbaik. Harapannya di PIMNAS selanjutnya bisa lebih gemilang.

DOWNLOAD PANDUAN PKM 2011

Cari Blog Ini