AHLAN WASAHLAN BIKHUDURIKUM
ASSALAMU'ALAIKUM WAROHMATULLOHI WABAROKATUHU

Menu horizontal

Selasa, 28 Agustus 2012

Menjadi Delegasi IPB dalam Acara "The 19th International Joint Seminar and Symposium"

Seperti yang telah dipaparkan pada postingan sebelumnya (IPB Akan Menjadi Tuan Rumah dalam Acara TRI-U Interntaional Joint Seminar and Symposium 2012), proses penyeleksian mahasiswa IPB yang akan menjadi delegasi dalam kegiatan tersebut berlangsung cukup ketat. Berbagai jenis paper yang masih dalam tema kegiatan ini, yaitu "Role of Asia in Communities and Sustainable Development" berdatangan dari berbagai fakultas di IPB. Setelah proses seleksi yang cukup panjang, maka panitia dan tim senior dari para dosen memutuskan ada 17 delegasi yang berhak menjadi delegasi IPB dalam kegiatan tersebut.

Pada awalnya, saya sendiri tidak sempat membuat paper untuk kegiatan tersebut karena kesibukan lain. Saat itu masih sibuk dengan paper untuk International Conference di Malaysia dan sedang melaksanakan Program Kreativitas Mahasiswa. Setelah Program PKM selesai dan dinyatakan lolos PIMNAS sampai mendapatkan penghargaan emas di PIMNAS tersebut, pihak panitia memanggil saya atas mandat dari rektorat untuk memberi kesempatan secara de facto kepada tim kami untuk menjadi delegasi IPB dalam kegiatan tersebut. Namun tidak semudah itu, kami harus mempersiapan presentasi bahasa inggris di depan para pengamat dan dosen senior dalam waktu 1 hari saja. Tapi dengan niat, Alhamdulillah tidak terlalu gugup karena ditemani langsung oleh kepala departemen TMB, Bapak Desrial, hehe. Disana pun diadakan tanya jawab yang meyakinkan bahwa hasil penelitian saya dan teman-teman layak untuk di presentasikan di acara tersebut. Dan akhirnya, ya mereka menyatakan paper kami berhak untuk itu. Saya sangat bersyukur karena tidak perlu repot-repot mengikuti proses seleksi seperti yang lainnya.

Setelah itu proses dilanjutkan selayaknya delegasi-delegasi yang lainnya seperti membuat full paper, latihan seni budaya yang akan ditampilkan nanti, dan latihan presentasi. Biaya dari kegiatan ini adalah Rp 4.000.000 per orang dan bersyukur karena semuanya ditanggung oleh pihak IPB. Semoga saja bisa melalui kegiatan ini dengan lancar dan bisa mengambil pelajaran-pelajaran dari mahasiswa-mahasiswa dari negara lain tentunya.  

Download Paper TRI-U_ASEP

Cari Blog Ini