AHLAN WASAHLAN BIKHUDURIKUM
ASSALAMU'ALAIKUM WAROHMATULLOHI WABAROKATUHU

Menu horizontal

Senin, 01 Oktober 2012

Lolos Seleksi OSN PERTAMINA 2012 Tingkat Provinsi

 "Kado di awal bulan OKTOBER 2012"

Kata "OSN PERTAMINA" mungkin sudah tidak asing lagi bagi anak FMIPA. OSN PERTAMINA 2012 adalah ajang kompetisi ilmiah bagi para mahasiswa Indonesia yang ditujukan bagi mahasiswa dari PTN/ PTS. Begitu pula IPB tidak mau ketinggalan untuk ikut andil dalam ajang bergengsi ini. Bahkan menurut salah satu mahasiswa FMIPA IPB, Mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini mendapatkan rekomendasi langsung dari dekan dan bisa meninggalkan perkuliahan. . Masalahnya, yang demikian itu baru untuk OSN PERTAMINA Teori (Fisika, Matematika, Kimia, Biologi). Nah, berhubung saya bukan anak FMIPA (sebenarnya tidak harus anak FMIPA sih), jadi saya ikut OSN Pertamina bagian Science Project. Apa itu ? Jadi bagian ini adalah pembuatan project-project penelitian dengan mengacu pada tema "Green Energy and Technology". Science Project OSN Pertamina menjadi wadah generasi muda untuk berkompetisi dan menampilkan karya ciptanya. Kompetisi Science Project dirancang untuk  menjaring pemenang secara kelompok yang memiliki karya inovasi dan applied science di bidang energi dan pengembangannya.

Oke, yang harus dilakukan sekarang adalah melaksanakan segala percobaan-percobaan yang telah dirancang dengan baik di karya tulis yang dibuat. O ya, saya tidak sendirian tapi bersama teman-teman lain dari departemen berbeda-beda (sesuai keinginan panitia dari pertamina feat UI), disana ada Iga Nugraheni (HPT 48) dan Ahadiyah Umaiya (Biologi 48). Kebetulan kami bersama-sama sebagai anggota di FORCES (Forum for Scientific Studies) IPB. Lanjut, sebenarnya ide kami memang belum pernah ada yang mempublikasikannya, yaitu tentang bahan baku FAME (Biodiesel) dari suatu biji buah yang orang tidak sadar akan keberadaannya (mungkin bagi sebagian orang). Uji dekan yang akan kami lakukan adalah analisis Proksimat dari sample yang sudah ada. Lab yang akan menjadi sasaran sekarang adalah Laboratorium analisis pangan, departemen ITP IPB. Setelah sebelumnya telah dilakukan tahap awal di Laboratorium LITBANG Departemen Kehutanan RI cabang Bogor.

Terima kasih juga untuk Pak Agus (kalo gak salah dosen kimia TPB saya, lupa-lupa ingat) yang telah membimbing proposal kami. Begitu juga Ibu Emmy yang telah mengijinkan saya keluar meninggalkan materi kuliah Statistika Teknik untuk mempresentasikan poster kami tentang project kami yang alhamdulillah bisa mendapat juara 1 juga sebagai poster terpavorit (eh, yang pake "p", "f", dan "v" mana ya, bingung maklum orang sunda). tinggal jaga semangat dan pastikan tidak lepas berdo'a semoga project besar ini bisa terlaksana dan bermanfaat bagi negara indonesia yang kaya akan sumber hayati ini.

Seleksi selanjutnya akan dilaksanakan untuk tingkat Regional pada tanggal 8 Oktober mendatang. Kami masuk regional 3 bersama dengan 3 delegasi lainnya, yaitu 2 dari UI dan 1 dari UNPAD dan akan melawan dari regional lain seluruh Indonesia. semoga saja lancar dan diberikan yang terbaik setelah usaha yang maksimal.

Cari Blog Ini