AHLAN WASAHLAN BIKHUDURIKUM
ASSALAMU'ALAIKUM WAROHMATULLOHI WABAROKATUHU

Menu horizontal

Jumat, 28 Januari 2011

Jalur Masuk IPB Tahun 2011

         Tidak terasa sudah memasuki masa-masa penerimaan mahasiswa baru lagi untuk setiap perguruan tinggi. jika dulu kita yang pontang-panting mencari info dan mempersiapkan diri untuk menghadapi tahapan-tahapan masuk perguruan tinggi, sekarang tinggal membantu adik-adik untuk mewujudkan impian mereka. pola penerimaan mahasiswa baru untuk setiap PTN berubah dan mengikuti peraturan menteri tahun 2010. jadi mau tidak mau semua PTN harus mengikuti peraturan tersebut. Untuk Institut Pertanian Bogor,
Pola Penerimaan Mahasiswa Baru IPB untuk Program Studi Sarjana adalah sbb :
  1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
  2. Beasiswa Utusan Daerah (BUD) : Februari 2011
  3. Ujian Talenta Masuk IPB (UTM) : Juli 2011
  4. Prestasi Internasional-Nasional (PIN) : Februari 2011
 sekian informasi yang bisa disampaikan semoga bermanfaat.
 informasi lebih lanjut bisa menghubungi instansi terkait atau bisa juga mengisi kotak chat di samping untuk sekedar sharing.
terima kasih

Minggu, 23 Januari 2011

Belajar Bahasa Inggris yuuk

Anda sudah Bertahun-tahun Frustasi Belajar Bahasa Inggris dengan Kursus, Les privat dan Membeli Software mahal Yang Mengajari Anda Grammar tetapi sampai detik ini Ada masih “malu” berbicara Bahasa Inggris. Sekarang Lupakan Grammar….!

Ikuti Kursus Belajar Bahasa Inggris Online Cepat

Tanpa Grammar Full Conversation

Authorized Partner of E-Compusoft Online English Training

Akte Notaris No. 198. Tanggal 22 Desember 2009
Sistem Kursus tanpa mengenal tempat & waktu. ribuan member telah bergabung mulai dari Aceh hingga Papua bahkan luar negeri seperti :
Arab Saudi, Malaysia, Qatar, Timor Leste, Korea, Polandia, Lagos (Nigeria), dll

Satu-satunya sistem yang menjamin 100% Anda mengalami dan merasakan secara nyata kemajuan berbahasa Inggris Anda – Garansi

Review Syllabus Oleh Dosen S2 UHAMKA
dosen-s2
Baca Based Scientific Review ini Selengkapnya ….

H. Mulyono, M.Pd – Dosen Method of Teaching Universitas HAMKA
Baca Lebih Banyak Real Testimonial Facebook Fans =======>
facebook-minitesti
BUKAN PENIPUAN, Ini Contoh Laporan Member di Facebook!
dvd-sampai
Banyak orang marah, frustasi dan lebih-lebih setelah kursus kemana-mana sejak SD hingga SMA bahkan kuliah tetapi tidak juga membuat mereka mampu lancar berbicara bahasa inggris. Banyak orang merasa gagal hanya gara-gara satu masalah, tidak menguasai bahasa inggris yang mereka anggap seperti pelajaran matematika
Tidak hanya rugi dari segi materi biaya yang telah banyak mereka keluarkan. Tetapi karir yang mereka impi-impikan juga belum terwujud. Apalagi di era globalisasi ini hampir setiap lowongan pekerjaan menuntut kemampuan bahasa inggris yang memadai.
lowongan-bahasa-inggris
Anda bisa baca di setiap koran di halaman lowongan pekerjaan, setiap posisi khususnya jabatan strategis menuntut terpenuhinya syarat penguasaan bahasa Inggris. Tidak hanya lowongan pekerjaan swasta. Lowongan PNS pun sekarang mulai mensyaratkan kemampuan bahasa inggris.
Lantas apa yang salah ?
Bahasa adalah Skill BUKAN knowledge
Bahasa adalah alat komunikasi, anda sudah tau itu. Dan orang berkomunikasi melalui bicara (speaking), tentu saja ada yang mendengar (listening), setelah ditemukannya tulisan maka orang berkomunikasi menggunakan bahasa melalui tulisan (writing), dan tentu saja ada yang membaca (reading). Inilah 4 skill bebahasa yang harus dimiliki oleh setiap orang yang mempelajari bahasa yaitu :
Listening, Speaking, Reading, Writing
Inilah yang disebut dengan 4 skills of language atau 4 ketrampilan bahasa. Dan ini pula tujuan kursus bahasa Inggris online sistim Full Conversation, yaitu saya akan membentuk 4 skill berbahasa Inggris Anda secara terpadu. Maaf, apakah anda melihat ada tulisan GRAMMAR disitu? Tidak ada !! .. grammar bukanlah tujuan mempelajari bahasa. Selama ini banyak orang salah kaprah, termasuk sistem pendidikan bahasa Inggris di Indonesia yang menganggap bahwa GRAMMAR adalah tujuan. Mereka berlomba-lomba menghambur-hamburkan rumus grammar, dan menganggap bahwa dengan menguasai grammar, akan menguasai bahasa. No Way!! .. ini adalah cara kuno yang terbukti salah kaprah, metode ini terakhir digunakan pada abad 18.
Sekarang saya ingin Anda menjawab dua pertanyaan ini :
- Maukah Anda bergairah belajar bahasa inggris lagi jika saya katakan bahwa “belajar bahasa inggris itu mudah dan menyenangkan ?”
- Maukah Anda bermimpi lagi meraih karir yang Anda cita-citakan jika saya katakan “Anda bisa menguasai bahasa inggris lebih cepat tanpa perlu belajar grammar yang seperti matematika bagi Anda ?”
Jika jawabannya “YA” saya memberikan solusi terbaik bagi masa Depan Anda:


Memperkenalkan,
“Kursus Bahasa Inggris Online Cepat Full Conversation Tanpa Grammar”

Kursus ini sangat direkomendasikan bagi :
Pelajar SMP, SMA, Mahasiswa, Dewasa dan Orang tua yang mau maju & Berkembang
sebuah metode terbaik hasil dari pengalaman saya mempraktekan berbagai metode pengajaran bahasa inggris selama 20 tahun lebih mengajar sejak tahun 1987 di lembaga pendidikan yang saya kelola.
Paket DVD berisi 32 Modul Audio, Ebook PDF & Software Pelatihan (ongkos kirim gratis-Indonesia) + Bantuan LIVE Suport + Ujian + Sertifikat + Afiliasi Gratis + Membership Forum + Bonus
Penyampaian materi dalam bahasa Indonesia & praktek full conversation langsung dalam bahasa Inggris.
Format Modul dalam bentuk Audio MP3 karena mudah disimpan dan didengarkan melalui Komputer/Laptop dan berbagai media portable seperti MP3 Player, Handphone, Blackberry, Netbook, DVD player dan Gadget Lainnya.

bagi Anda yang sibuk atau kesulitan mendownload segera dapatkan DVD Edisi Terbatas ini. DVD berisi seluruh Materi Lesson 1-32 Full Conversation Lengkap beserta bonusnya
Mulai hari ini, saya akan mengajak Anda Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat tanpa pusing memikirkan Grammar menggunakan sistem Full Conversation bahkan MULAI DARI NOL


Percayakah bahwa Anda semua berbakat berbahasa INGGRIS ?

SAYA TANTANG ANDA untuk membuktikannya !
ikuti KURSUS BAHASA INGGRIS GRATIS,

Download & Praktekkan Materi Conversation Lesson 1-5 ini :

BACA LENGKAP HALAMAN INI UNTUK DOWNLOAD EBOOK GRATIS 68 HALAMAN
Silahkan Download dulu Modul Kursus di bawah ini
pastikan menggunakanPanduan PDFsaat memutar MP3
  1. Pelajaran 1 | Panduan PDF (33 KB) | MP3 & Panduan PDF Lengkap (7,5 MB)
  2. Bonus Ebook Gratis 68 Halaman via Email facebook-minitesti
  3. Pelajaran 2 | via Email
  4. Pelajaran 3 | via Email
  5. Pelajaran 4 | via Email
  6. Pelajaran Review 1-4| via Email
  7. Pelajaran 5 | via Email
  8. Pelajaran Diagnostic | via Email
Setelah dowload extract menggunakan 7-Zip (pilih yang .exe saat download) file zipnya & open memakai windows media player terbaru
Cara Belajar
(1) Buka Materi yang telah Anda download (2) Jalankan file Audio nya, Buka panduannya (3) Jangan lanjut ke pelajaran berikutnya sebelum benar-benar Anda kuasai
* Materi tantangan GRATIS lainnya & Ebook 68 Hal. akan terkirim via Email anda, Setelah anda mengisi Form Download di Bawah ini.

Silahkan lengkapi biodata Anda pada formulir berikut untuk Menuju HALAMAN DOWNLOAD GRATIS !

* Nama Lengkap:
Kota:
No. HP / Telp:
* Email:

* Wajib diisi
PENTING : Pastikan Anda cek Email sesaat setelah tekan tombol “Pesan” jika tidak ada di inbox mungkin masuk di Email Spam atau SMS : 0878 574 777 87 jika ada masalah
Saya tidak akan memberikan Anda grammar seperti kursus biasa maupun online lainnya. Amatlah mudah bagi saya jika hanya menyajikan grammar. Cukup ketik, posting … selesai. Anda akan saya ajarkan rahasia-rahasia kalimat dalam bahasa inggris yang saya yakin anda belum pernah mendengarnya.
Inilah yang Anda dapatkan :
1. Paket DVD berisi 32 Lesson dalam bentuk MP3, Ebook PDF dan Software Pendukung (modul ini juga tersedia dalam bentuk file download di member area)
2. Hak akses dalam private forum sebuah komunitas untuk Anda saling mengenal dan berlatih dengan sesama peserta pelatihan dan juga langsung dengan saya sendiri
3. Hak mengikuti Ujian Akhir baik secara tertulis (email) maupun Speaking via Phone
4. Bagi yang lulus berhak mendapatkan Sertifikat bahasa Inggris berijin Skala Nasional
Bagaimana saya mengikuti kursus ini ?
Setelah Anda mendapatkan DVD ataupun juga mendownload berisi seluruh materi. Anda dapat memutar pelajaran ini melalui komputer, Netbook, Blackberry, Handphone MP3 Player, iPod, DVD Player dan gadget lainnya yang support audio player. Anda bisa putar berulang-ulang hingga Anda menguasai materi setiap materi. INGAT jangan lanjutkan ke materi berikutnya sampai materi Anda kuasai secara otomatis tanpa berpikir. Anda juga wajib mengikuti instruksi dan pertanyaan yang diberikan dalam audio tersebut.
Sekarang, Anda bisa belajar bahasa inggris ketika istirahat kantor, sekolah, sedang berada di mobil, bus atau kereta, ketika sedang berjalan-jalan atau berbelanja di mall dan dimana saja, kapan saja setiap ada kesempatan.
Kursus ini benar-benar sangat mudah, fleksibel dan menyenangkan. Anda bisa mengatur jadwal kursus sesuka Anda dan tidak perlu datang ke tempat saya. Tidak ada biaya jam tambahan, tidak ada biaya transport.
Apakah sistem ini dapat dipercaya ?
1. Saya telah mengelola lembaga bahasa Inggris lebih dari 20 tahun sejak tahun 1987 jadi saya akan siap memberikan support kepada Anda jika mengalami kesulitan dalam pelatihan ini.
2. dengan mengikuti kursus online dari saya Anda akan menghemat biaya kursus 500% lebih murah dibandingkan kursus biasa. Anda juga menghemat waktu beberapa bulan karena sistem pelatihan ini dirancang agar Anda mampu menguasai bahasa Inggris lebih cepat
3. dan satu-satunya yang tidak akan Anda dapatkan di kursus manapun, saya menjamin garansi 100% Anda akan merasakan kemajuan kemampuan bahasa Inggris Anda. Uang Anda aman dan terjamin
Jadi berapa biaya pelatihan yang harus Anda bayarkan untuk mendapatkan Paket DVD Lengkap berisi 32 Set materi Pelatihan ini ?
Saya tahu Anda mungkin telah mengikuti atau mendengar berbagai kursus bahasa Inggris yang mahal di kota Anda. Yang saya tahu biaya kursus privat perbulan adalah 200.000 perbulan x 6 bulan jadi total Rp. 1.200.000
Tetapi jangan khawatir, Saya hanya mengenakan biaya hanya Rp. Rp. 200.000,-
Tapi tunggu dulu, untuk waktu yang terbatas saya memberikan diskon Rp. 50.000. itu berarti hemat 25%
Jadi Anda cukup membayar kursus selamanya sebesar Rp. 150.000 saja, -
Saya yakin, tidak akan ada kursus manapun yang mau dibayar semurah ini dengan fasilitas sangat lengkap…
Dan dengan harga murah Anda tetap dapat garansi 100%, live support, hak ujian akhir dan sertifikat.
Jika mengalami kesulitan bisa berkomunikasi aktif langsung dengan Mentor utama Mr. Teguh selain juga Mr. Teguh akan menguji kemajuan dan kemampuan bahasa inggris Anda (by Phone)
Adakah bonus lain yang bisa Anda dapatkan ?
Saya hanya akan memberikan software kamus bahasa Inggris – Indonesia, software Pronounciation dan bonus rahasia lainnya sebatas pendukung materi full conversation untuk kesuksesan bahasa inggris Anda. Saya tidak akan banyak memberikan bonus lebih dari ini meski saya punya banyak software mahal yang bisa saya berikan kepada Anda. karena saya khawatir Anda tidak akan fokus dengan sistem pelatihan saya. Modul yang saya tawarkan sudah lebih dari cukup untuk membuat Anda merasakan kemajuan kemampuan bahasa Inggris Anda dengan sistem Tanpa Grammar Full Conversation.

Sekarang Anda Yang Menentukan Untuk
PRAKTEK HARI INI JUGA Sebagai Langkah AWAL masa depan Anda!

Ini adalah penawaran dengan harga terbaik yang saya berikan dalam waktu yang terbatas dan dapatkan DVD berisi 32 Modul Audio, Ebook PDF & Software Pelatihan (gratis dikirim ke alamat rumah) + Bantuan LIVE Suport + Ujian + Sertifikat + Afiliasi Gratis + Membership Forum + Bonusdari saya hanya dengan biaya keanggotaan sebesar Rp. 150.000,- sekali seumur hidup dengan target belajar 4 Bulan artinya biaya hanya Rp. 37.500/bulan

Rp. 200.000,-

Rp.150.000,-

Rp. 120.000,-

P.S
Hanya bayar 1x dan tanpa ditarik biaya keanggotaan setiap bulan dan keanggotaan SELAMANYA!
P.P.S harga telah naik dari Rp. 120.000 menjadi Rp. 150.000. saya akan naikkan lagi biaya menjadi normal kembali sebesar Rp. 200.000,- dikemudian hari
SocialTwist Tell-a-Friend

Orang lain mencari artikel ini dengan keyword:

Kamis, 20 Januari 2011

Gara - gara PIN ATM

          Cerita sial ini berbarengan dengan detik-detik UAS dan berbuntut ke pra-pulang. udah pusing mikirin UAS yang harus X-tra, Eh malah ditambah dengan kesialan gara-gara ATM. aku sih bilangnya kesialan, tapi jangan tertawa ya. tidak baik tertawa diatas penderitaan orang (kata ustadz lhoo).
jadi begini kejadiannya, Aku kan lagi bokek nih ceritanya (emang asli) dan minta bapak buat transferin uang ke ATM BTN lecekku, emang udah lama sih. terus pas waktu mau ngambil, tidak tahu kenapa kok jadi lupa PIN. mungkin ketuker sama kode pertidaksamaan dari pak IGP kali yee (ga nyambung sep,). aku lupa kalo udah tiga kali salah bakalan di blokir. Aku telpon Customer Service BTN Tasik dengan muka asem (bapak yang terima telpon gak bakalan tahu ini). Yaudah katanya ga ada jalan lain kecuali bikin kartu ATM yang baru. hatiku merana loo. udah gak punya uang harus buat ATM baru dengan segala ketentuan-ketentuannya, mikirin makan, mikirin UAS, mikirin pacar (eh bercanda aja loe Sep,).  sepulangnya TO PM, aku putuskan untuk mencari kantor pos terdekat, itulah kemudahan nabung di bank BTN, bisa transaksi lewat pos dan di tiap kampung juga ada kan. Hhe....
         Tentang kartu ATM BTN sampai sana ceritanya dan uang sudah ditangan walaupun dengan perjuangan menghadapi sopir angkot dan ibu pos yang aga jud-Es. Oke.... MAKAN ...(kayak yang ga makan seminggu aja ). Ah besoknya mulai UAS ni, telpon mamah n' bapak buat minta do'anya ah. sekalian nanya kabar adek yang nyebelin itu (astagfirullah).  Apakah berakhir disana saudara-saudara ? tidak,,,, selanjutnya ada yang lebih heboh lagi. sekarang kesialan itu menimpa KTM aku. sama sih modusnya, yaitu lupa PIN. garis bawahi tu kata LUPA PIN emang bikin pusing, kalo udah lupa sih. pada waktu itu aku punya p/firasat bahwa KTM aku akan kena si HACKER.(Su'udzon dikit namanya antisip/fasi ). yaudah aku ganti tu pin sialannya. Ok setelah keluar kertas gaje yang ngabarin bahwa penggantian pin berhasil, aku keluar deh dari ruang sejuk itu. kampungan ya,,,, Hhe__
         Sehari dua hari masih inget tu pin yang aku ganti, tapi ba'da UAS kok jadi lupa. apa emang ketuker sama soal PM kayaknya. gak tau deh. nah temen cur corku itu, si naufal maksudnya nyaranin buat langsung tarik tunai aja ke bank BNI. padahal H-1 mudik lho. sebenarnya ga ada H min - H min-an karena nunggu beasiswa Bidik Misi Cair. kebetulan hari kamis itu udah digembor-gemborkan bahwa beasiswa Bidik Misi udah cair setelah lama menunggu (lagunya rido roma donk). cabut dah ma si Naufal ke Bank. pas masuk ruangan Bank, bingung nih mau tarik tunai dulu atau mau ngurusin pin dulu. oke Fal kita ambil saja no urut dua-duanya (rakus) . Ternyata pemanggilannya nyaris bareng. Hueeeeek. . . . diliatin dah ma satpam. jadi GEER. aku pilih masalah pin dulu deh. catatan : bukan karena pelayannya cantik ya. setelah itu ngaler-ngidul ngomongin pin baru dengan si Mbak itu, aku diminta pilihan untuk mencoba kembali dengan kombinasi yang ada atau ganti pin baru aja. aku bilang mau coba dulu deh siapa tau ada ilham. setelah dicoba, salah lagi. udah deh nyerah. dan minta ganti pin baru aja dengan membayar seharga Rp 10.000,-. untung bukan dalam dollar. tapi sebelum minta ganti pin, aku mutusin mu tarik tunai dulu karena ada shelter yang kosong. catatan : masuk tanpa nomor undi dan belum juga dipanggil udah masang muka bingung di depan Bapak petugasnya. tarik tunai selesai dan ternyata perusahaan saya bobol lagi Rp 10.000,-, jadi saya saranin jangan mau deh tarik tunai kayak gitu. masalah pin deh sekarang...
          pertama duduk dengan perlahan, lagi-lagi tanpa nomer undi dan panggilan. lalu ditanya bla-bla-bla dan harus nunjukin KTM dan KTP seraya mengisi form gitu deh. setelah selesai dengan hati agak dongkol, tapi baik kok bapaknya berarti bukan bapaknya yang salah ya. apalagi setelah dia nanya dari Tasik. cair dah suasananya. beres fal, selamat sore pak, thanks ya pak, nanti diambilnya setelah holiday aja ya.... wik wik wik giliran ke pak satpam nih. makasih ya pak (masang muka bego dan ingin dikasihani). setelah itu online dan posting deh di blog. ini nih postingannya.. 
THANKS

Selasa, 18 Januari 2011

Sebuah Pengakuan Jiwa

          Sepenggal kisah yang berawal dari sebuah pengakuan yang nyata akan kelemahan diri. sebuah keimanan yang seharusnya tertanam dalam diri seorang mukmin sejati  masih perlu dipertanyakan. Dia yang begitu berat menanggung beban dunia ini merasa terhempas dari lingkungan kepastian hidup. lingkungan pondok yang membimbingnya selama lebih dari lima tahun seakan tak berarti apa-apa. kini hanya deraian air mata yang selalu menemani bayangan kelamnya. jika memang takdir telah tergores seperti ini, bukankan ada takdir yang bisa diubah ? ....
             Dia merasa gila, sengsara, dan merana oleh lintasan dunia. sepenggal kisah yang amat singkat dibandingkan kekekalan akhirat. jika penyesalan itu selalu ada, kenapa selalu datang terakhir. setelah semuanya tetulis sebagai amalan yang buruk. tapi apakah malaikat mengerti  ? sesaat pikirannya mengelana.
              Malaikat hanya mengerjakan tugas dari Allah semata. tidak ada yang salah dengan catatan mereka. Semuanya tersusun rapi dan tidak bisa berdusta. semuanya ada dalam genggaman pengetahuan Tuhannya. Sekali lagi Malaikat tidak salah.
"siapa sebenarnya yang salah ?" tanya makhluk di hadapan ubun-ubunnya.
"Diakah ? " lanjutnya semakin heran.
"Yaa.. Dia yang salah. jalan hidup seperti itu memang dia yang memilih".
"tapi kenapa ?"
"tak ada yang tahu, hanya dia sendiri yang tahu. semuanya ada dalam otak dan hatinya, dan sampai sekarang sudah menjadi karat yang susah dibersihkan ".
"tapi apa ada jalan keluar ?"
"Ada..... jangan tanyakan apa jalannya karena dia sendiri yang harus mencari tahu meskipun sebenarnya dia sudah tahu"
"lalu apakah dia bisa berubah ?" kerutan dahinya semakin terlihat.
"Bisa....jatah hidupnya masih mengatakan bisa berubah. namun kapan dia bisa berubah, sekali lagi hanya dia yang mengerti".
"Apakah dia selalu bertaubat ?"
"Tentu, taubatnya begitu sering dan hampir setiap setelah melakukan dosa itu. aku bukan Tuhan sehingga aku tidak tahu apakah taubatnya diterima atau tidak. sekali lagi aku merasa muak atas dirinya. seakan-akan dia telah memperainkan aturan Tuhan."
             setelah terdiam sesaat perkataannya berlanjut.
"Tapi sejujurnya aku merasa kasihan padanya ".
"kenapa ?"
"ketulusan hati orang tuanya begitu murni. setiap malam Ibunya berdo'a khusus untuk dia. dan  tetesan air matanya begitu bening sebagai tanda kasih sayang pengingatnya pada dia begitu  menyatu".
"sekarang aku mulai mengerti tentang dia"
"sudah puaskah kamu wahai malaikat pencabut nyawa ?"
"Ya....," jawabnya singkat.
" lalu siapakah dirimu wahai penutur ? "
"aku adalah jiwanya yang bening, aku merasa sakit dikala dia melakukan dosa-dosa itu. dzat yang menciptakanku semoga bisa memberinya sebuah pertolongan yang nyata. sudah sekian banyak permohonannya itu dilantunkan dalam getaran do'anya. sekali lagi jangan cabut nyawanya sekarang wahai malakul maut ".
"Aku hanya melakukan atas perintah Tuhanku, Tuhanmu, dan juga Tuhannya".
makhluk itupun pergi meninggalkan mereka, dia dan jiwanya yang bening itu.

Rahasia Chapter 2


“Kring.....kring.....kring “
Suara hape jadul itu seperti tak lelahnya berbunyi. Hampir sepuluh detik sekali dia mengabarkan masuknya new message. Pesan itu berisi persahabatan seorang kristiani dengan seorang santri. Semuanya berawal dari sebuah kekaguman. Ya hanya kekaguman......
Ironis memang, jika mereka begitu kagum terhadap  Madrasah Aliyah swasta yang kala itu bisa menyainginya SMA-SMA Favorit dalam event  LCT Matematika di Universitas Siliwangi.
“What’s Ur name ?”
“My name is Reynaldo Tamberra, n’ U ?”
“My name is Artha.”


Perkenalan pertama penuh dengan canda tawa tapi tetap memegang prinsip JA-IM. Semakin lama mereka begitu akrab melalui hape saja tanpa kenal wajah satu sama lain. Jika satu SMS saja tidak dibalas pasti dampaknya tidak mengenakkan. Jaringan yang sering off merupakan penghambat komunikasi itu. Namun mereka berusaha untuk saling memahami. Sampai akhirnya pertanyaan tentang lintas agama muncul darinya.
“Apa yang dimaksud dengan shalat duha ?” celetuknya.
“Shalat yang dilaksanakan pada saat matahari berada sekitar 45 derajat di atas permukaan bumi yang dimaksudkan untuk memohon dilancarkan  rezeki oleh Allah swt.”
Jawaban yang tak seberapa namun cukup untuk orang awwam seperti dirinya. Artha sendiri tak mau kalah bertanya.
“ Apa benar pada saat Natal Santa Claus akan datang dan memberi hadiah ?” 
Pertanyaan yang aneh dan sebenarnya tak penting ditanyakan...
“ Itu hanya dongeng sebelum tidur saja agar anak-anak cepat tidur dan bermimpi indah.”
Artha menyadari kehidupannya di asrama bukanlah untuk menjadi seorang pembangkang, namun membawa hape ke asrama adalah salah satu bukti pembangkangannya pada salah satu peraturan pesantren. Sebenarnya hatinya merasa tidak tentram, namun jika dia saja merasa tidak tentram, apalagi belasan teman lainnya yang sama-sama menjadi pembangkang, ya mereka memang pembangkang.
Rey, ya Artha memanggilnya Rey. Seorang kristiani yang terlihat aneh karena begitu penasaran terhadap Al-Islam. Lebih aneh lagi karena sudah sekian lama Allah tidak pernah mempertemukan mereka. Jika satu rencana disusun untuk pertemuan maka pasti kendala selalu ada menghampirinya. Entahlah........
            cukup lama mereka saling bertukar pemikiran. pemikiran-pemikiran remaja yang masih penuh dengan guyonan . dari sanalah satu persatu teman seimannya diperkenalkan pada Artha. Lia, Willy, Victor H, Mike, Trista, Mischell, Ezio, dll. Hatinya selalu tak sabar dengan bayang-bayang kata "seandainya". ya.... seandainya mereka muslim. tapi keyakinan Artha berkata, secara perlahan mereka akan memeluk agama yang sama dengannya. perlahan tapi insyaallah pasti.

Senin, 17 Januari 2011

Rahasia Chapter 1


           Rumah itu begitu kumuh dan terlihat tak terurus lagi. Dinding bilik bambunya sudah sangat lapuk. Pagarnya dililiti oleh tanaman liar merambat. Sulur-sulurnya begitu kuat menempel pada pagar bambu itu. Di depan rumahnya ada ayunan tua yang tak bisa digunakan lagi. ayunan tua itu menggantung pada pohon beringin yang sekarang sudah begitu banyak akar isapnya. Satu-satunya jalan setapak yang menghubungkan jalan raya ke rumah itu sudah ditumbuhi ilalang setinggi paha orang dewasa. Bunyi  sorakan burung silih berganti mewarnai pagi yang cerah itu. Bajing dan hewan melata lainnya juga ikut meramaikan suasana kala itu. Sorotan mentari yang menembus celah-celah antar pepohonan terlihat jelas sebagai serat-serat cahaya yang menembus koloid udara.



            Seorang nenek paruh baya berjalan ditemani tongkat bambunya  menyiangi  tumbuhan ilalang yang menghalangi jalan. Dipandanginya suasana  alam yang begitu cepat berubah sama halnya seperti dirinya yang tak terasa sudah 60 tahunan. wajah keriputnya adalah bukti keganasan hidup yang menguras umurnya sedikit demi sedikit. kini mata rabunnya tertuju pada sebuah bangunan tua itu. bangunan yang menjadi tempat paling bersejarah bagi dirinya. saat keperawanannya hilang kali pertama. air matanya meleleh perlahan namun cepat-cepat air mata itu disapu dengan tangannya. bukan malu pada seseorang tapi malu pada dirinya sendiri yang sudah melakukan hal yang melanggar aturan Tuhan. padahal kurang baik apa Tuhan terhadap dirinya.
            Suara kresek-kresek dedaunan yang terinjak membuyarkan lamunannya. sekarang matanya tertuju pada arah suara itu. terdengarlah teriakan seorang anak usia enam tahunan didampingi kedua orang tuannya. “Nenek !” teriak bocah itu. senyum nenek itu merekah dan seperti yang dipaksakan. Rahasia mudanya tak boleh ada seorang pun yang mengetahuinya. “Nek, ayo kita pulang,” bujuk anak peremuannya yang sekarang sudah menjadi pendamping seorang saudagar yang kaya raya. kekayaan itu sempurna dengan dikaruniainya seorang anak lelaki yang lucu. hatinya masih perih dan tak menyangka bahwa anak haramnya akan mendapatkan kebahagiaan yang sempurna itu. bagaimana seandainya anak semata wayangnya megetahui rahasia kelam yang dipendamnya selama puluhan tahun itu. saat anaknya menanyakan tentang arti sejarah rumah  tua yang sering dikunjunginya, nenek itu tak sedikit pun membuka mulutnya untuk bicara. “Biarlah peristiwa kelam itu hanya aku dan Tuhan yang tahu hingga pertanggungjawabanku di akhirat kelak,” bisiknya dalam hati.

Minggu, 16 Januari 2011

Pertengakaran Kecil


Malam yang gelap  menyelimuti bangunan asrama itu. Bangunan yang berdiri sekitar delapan tahun yang lalu. Karena faktor umur, bangunan asrama itu memiliki beberapa lampu-lampu yang hanya menempel pada langit-langit namun sebagian tak berfungsi lagi. Di lobi asrama terdapat kantin untuk memenuhi kebutuhan perut yang lapar. Lorong-lorong yang panjang memiliki sepuluh kamar di kiri dan kanannya. Jika dari lobi itu mengambil jalur kanan, disitulah area lorong dua. Setelah lorong dua habis berbelok 90 derajat ke kiri terdapat lorong tiga. Di lorong tiga itu terdapat tangga menuju lantai dua. Tangga terpilin tunggal seperti RNA. Setelah menginjak anak tangga terakhir, disitulah terdapat lorong delapan. Lorong yang menyambungkan kamar 190 sampai kamar 199. Karena tangga itu terdapat  di sudut maka yang akan pertama dilalui adalah kamar mandi, Gelap. Bentuk bangunan balok dan terdapat lapangan di tengah itu bisa diibaratkan gelanggang sepak bola yang dialih fungsikan menjadi penginapan.  
“Braaaak”
“Anjing loe,“
Suara itu memecah kesunyian lorong delapan. Secara serempak para penghuni bertanya-tanya hal yang jarang terjadi itu.
Ketua lorong atau yang akrab dipanggil RT keheranan dan berdiri di depan kamarnya sambil diikuti oleh teman-teman sekamarnya. Tanpa diundang teman dari kamar yang lainnya pun mengikuti keheranannya.
“Ada apa ini !” suaranya lembutnya tapi penuh kekhawatiran.
“Dari kamar mana suara itu Nif?” tanyanya pada temennya yang berdiri disebelahnya.
“Gak tau Sal,”
“Dari kamar ujung kayaknya,” celetus temannya satu lagi, Yanuar.
Beberapa kamar dilalui hingga akhirnya langkah mereka berhenti di kamar paling ujung, kamar 199. Pintunya terbuka sehingga suara itu begitu jelas terdengar.
“Astagfirullahal’adzim,” teriak RT karena kaget.
“Apa-apaan kalian ini,”
Dua orang sekamar itu sedang bertarung bagai petinju di atas ring. Sumpah serapah itu keluar sebagai pelampiasan kekesalan mereka. Setelah RT berusaha melerai, Mereka terdiam sejenak. Sepi.
“Saya minta pindah kamar,” suara yang keluar dari Erdi, peserta pertarungan itu.
“kenapa ? apa masalahnya?” tanya RT penasaran.
“Saya muak sekamar dengan dia,” celetus peserta pertarungan satu lagi.
“Sekarang tinggal kalian pilih, mau menghadap SR atau kita selesaikan masalah ini secara pribadi dan anggap sebagai masalah lorong kita,” tak ada yang komentar.
“Baiklah kalau tidak ada yang bicara, biarkan saya yang bicara pada SR untuk menyelesaikannya,”
“Jangan,” secara kompak suara itu tertuju pada sang ketua lorong.
“Sekarang kalian,” sambil menunjuk pada para peserta” Ikut bersama saya” lanjutnya.
Pembicaraan formal itu hanya dilakukan oleh RT dan kedua peserta di kamar RT. Sedangkan teman-teman yang lain menunggu di luar bagai wartawan kehausan berita. Tidak ada tanda-tanda pertarungan lagi di kamar itu. Baik fisik maupun kata-kata. Rupanya sang ketua begitu pengalaman dalam hal mendamaikan dua jiwa yang berbeda. Beberapa menit berlalu. Keluarlah mereka dengan wajah tak menyimpan dendam. Mereka kembali akrab dan kami merasa lega akan hal itu. Semua orang bubar menuju kamarnya masing-masing walaupun sempat menjadi topik pembicaraan orang-orang penghuni lorong itu.
“Semoga kejadian seperti ini tidak pernah terulang lagi,” suara hampir setiap orang yang merasa kaget dengan kejadian asing itu.

[cerita ini hanya fiktif belaka. jika ada kesamaan tokoh atau alur cerita, itu hanya suatu kebetulan saja]
                                                                                                                        ( DOWNLOAD )

Jumat, 14 Januari 2011

Siapa Pria Asing Itu

           kejadian yang berawal dari sebuah ketidakpercayaan. aku yang sama sekali tidak pernah melihat makhluk - makhluk ghaib, dihadapkan cerita teman sekamarku yang  bernama Resfian Ananta. kebiasaan pulang malam ke kamar membawanya pada sebuah penglihatan yang tersamarkan oleh kegelapan malam. kamar kami berada di lorong 8 lantai atas yang menghadap bagian tengah asrama, tepatnya di kamar 192 gedung C2. pada malam minggu sebelum UAS itu dia pulang sekitar pukul setengah dua. aku dan temanku, Tian sudah masa-masanya terlelap tidur saat itu. kebiasaan  kami yang malas menutup jendela terbawa sampai kejadian aneh ini terjadi. Ketika Fian masuk kamar, keadaan biasa-biasa saja dan seperti tidak ada hal-hal yang berbau mistik. Dia berjalan perlahan diantara gelapnya kamar saat itu. yang tersisa hanyalah sebuah lampu belajar yang hendak dia balik kearah berlawanan. semakin mendekati jendela untuk menutupnya udara yang terasa begitu menusuk. tanpa disengaja matanya tertuju pada sebuah pandangan yang ganjil di bagian tengah asrama. samar-samar dia menyaksikan sesosok makhluk yang sedang duduk di sebuah kursi. makhluk hitam legam yang sedang membelakanginya. lebih tepatnya dia menafsirkan bahwa itu seorang laki-laki. matanya memejam dan menutup seakan tak percaya apa yang sedang dilihatnya. dengan cepat dia tutup jendela itu dengan penuh tanda tanya. jika memang mahasiswa yang sedang mencari udara segar, tidak mungkin pukul setengah dua dini hari berada di tempat seperti itu.
    Sekarang hatinya mantap untuk segera menutup jendela dan gorden dengan cepat. lampu belajar yang berbatang elastis itu ia balikan kearah berlawanan. dan saat itu pandangan kedua matanya lepas dari makhluk aneh itu. yang ada hanyalah kursi kosong yang tak ada seorang pun yang mendudukinya. pikirannya berputar keras memikirkan kejadian itu, namun keadaannya yang sudah ngantuk berat membawanya  terpejam dengan bayang-bayang makhluk aneh itu. sampai sekarang dia masih merasakan trauma akan kejadian itu. termasuk saya pribadi yang mau tidak mau harus percaya kejadian itu sebagai bukti keimananku pada makhluk ghaib. sekali lagi saya ingatkan bahwa makhluk ghaib itu ada namun berbeda dimensi dengan kita.
                                                                        
                                                                        o0o sekian o0o

Rumus -Rumus Kelulusan UN



Inilah, Rumus-rumus Kelulusan UN yang Patut Dicoba....


Ilustrasi: Cara pertama, formulasi kelulusan dilakukan dengan mengkalkulasi nilai akhir dari seluruh semester sejak siswa duduk di kelas I sampai III. Standar nilai kelulusan dari formula ini sebesar lebih dari atau minimal 6,00.
 
JAKARTA, KOMPAS.com - Ada dua formula yang bisa digunakan oleh pemerintah jika tetap melaksanakan UN, tetapi tanpa menjadikannya sebagai syarat atau penentu kelulusan siswa. Formulasi tersebut bisa langsung diaplikasikan untuk tujuan jangka pendek, tetapi bisa juga untuk tujuan jangka panjang.

Formula pertama digunakan untuk tujuan jangka pendek, yaitu mulai diterapkan pada UN 2010 mendatang. Cara pertama, formulasi kelulusan dilakukan dengan cara mengkalkulasi nilai akhir dari seluruh semester sejak siswa duduk di kelas I sampai III. Standar nilai kelulusan dari formula ini sebesar lebih dari atau minimal 6,00.
 
Cara kedua, kelulusan dilakukan dengan menggunakan kombinasi PQR, yaitu sistem yang mengkalkulasi nilai akhir atau kelulusan dengan rumus P (nilai semester satu) + Q (nilai semester dua) + 3R (nilai UN).

"Standar nilai tetap sama seperti cara pertama, yaitu untuk mencapai kelulusan siswa harus memperoleh nilai lebih dari atau minimal 6,00," ujar Suparman, pengamat pendidikan dari Education Forum di Jakarta, Senin (7/12).

Sementara itu, formulasi kedua digunakan untuk tujuan jangka panjang. Pada formulasi ini, penyelenggaraan UN tidak akan dilakukan di akhir jenjang sekolah, melainkan di tengah-tengah.

Pada tingkat Sekolah Dasar, misalnya, UN dilakukan di kelas III atau IV. Sementara di tingkat SMP/SMA dan sederajat, UN dilaksanakan di kelas I atau II, atau di salah satunya.

"Tujuannya bukan untuk mengeksekusi kelulusan, tetapi memperbaiki kompetensi anak, kualitas guru, serta kinerja pemerintah," ujar Suparman.

Suparman mengatakan, formula untuk tujuan jangka panjang tersebut membuat sinergi antara pihak sekolah (guru), siswa, serta pemerintah berjalan kuat dan memiliki manfaat yang jelas. Karena dengan cara ini, kata dia, siswa tidak akan main-main belajar, guru pun tidak bisa lagi santai-santai mengajar, sedangkan pemerintah bisa lebih berkonsentrasi untuk meningkatkan kualitas dari segala yang dibutuhkan siswa dan guru di sekolah.

"Saat ini kita tidak ingin membangun pro dan kontra menyoal UN, tetapi langsung mencari solusi cepat yang bisa diterapkan untuk anak didik," ujar Suparman.

Adapun, kata Suparman, delegasi EF dan Tim Advokasi Korban Ujian Nasional (Tekun) hari ini, Senin (7/12), sudah mengirimkan surat kepada Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) untuk berdialog dan membincangkan persoalan UN, termasuk menyoal perumusan yang strategis mengenai kelulusan siswa.

Sumber : KOMPAS

Ada Yang Aneh di Parkiran Asrama TPB IPB

          Kejadian ini merupakan ungkapan pemaparan yang heboh dari teman sekamar saya, Kara namanya. seorang yang kocak dan  sering minggat dari kamar (memang beliau orang bogor) . berawal dari kesukaannya menginap di kamar temannya di C3 sedangkan kamar aslinya ada di C2/192, dia memulai kisah misterinya. kamar temannya itu tepat satu langkah dari lobi C3 atau lorong 1 dan jika jendela terbuka lebar maka yang dilihat pertama adalah deretan motor yang sedang diparkir. namun malam itu dia begitu tersentak ketika yang dilihatnya sekitar pukul 12.00 malam itu begitu menakutkan. dia yakinkan bahwa pandangannya hanya halusinasi belaka. dia ajak teman yang lainnya untuk menyaksikan makhluk aneh itu. benar - benar tidak tahu malu makhluk itu.......Hhe
      Wujudnya besar, bermuka rusak tidak jelas, dan berwarna dominan putih samar-sarar kemerahan. angin malam itu memang tidak bersahabat dan begitu menciutkan nyali. dan anehnya lagi satpam yang biasa nongkrong di gardu pos jaga tidak terlihat batang hidungnya. alasan yang tidak masuk akal jika mereka menyimpulkan bahwa makhluk yang mengangkat sekitar satu meter dari tanah dan menyeramkan itu adalah satpam yang dimaksud.
          Malam berikutnya kebiasaan mampir tidur di kamar temannya diulangi dan kejadian yang sama pun terjadi. makhluk yang menakutkan itu sekarang lebih dekat dan lebih garang dan menakutkan. hatinya dan hati teman-temannya semakin berdegup kencang. apa sebenarnya mau makhluk itu.
        Sekelumit tentang dunia ghaib saya tahu sedikit bahwa sebenarnya Jin yang mampu menyerupakan diri dengan yang aneh-aneh itu juga mempunyai alamnya sendiri dan tempatnya sama dengan kita disini namun berbeda dimensi. kekuatan mereka untuk melihat manusia juga bertingkat, ada yang murni mampu melihat manusia sehingga kadang - kadang menampakkan diri untuk menakuti manusia dan ada juga yang biasa-biasa saja menjalani kehidupannya seperti manusia pada umumnya. begitu pula dengan manusia, ada yang mempunyai indera keenam untuk melihat makhluk ghaib itu baik secara dipelajari atau murni dari anugerah kekuasaan Yang Mahakuasa.
        Bagaimana kelanjutannya, ..... sekarang dia lebih memilih untuk tidak tidur di tempat temannya itu lagi dan kebetulan teman akrabnya itu tidak lama meninggalkan IPB untuk selamanya. bukan karena meninggal tapi memilih perguruan tinggi lain.dan jujur setiap melewati parkiran itu, bulu kudukku terkadang merinding jika teringat ceritanya.

Rabu, 12 Januari 2011

Menguak Asrama B IPB

          Seorang mahasiswa angkatan 47 bertanya " kok dari asrama A langsung ke asrama C, mana asrama B-nya ?"
sambil garuk-garuk kepala, yang didepannya bilang " iya ya... aneh ?%47*#@. temannya satu lagi yang lagi sibuk mencet-mencet keyboard hape berkoar " owh kalian belum tau ya ....." serentak yang lagi pada kebingungan jadi tambah penasaran seakan-akan orang yang di depannya tahu segalanya.
         "banyak versi juga sih," lanjutnya. " Soooo..." hampir serentak.
" Iya.. saking bingungnya aku sendiri gak tau apa -apa tentang asrama B itu ".....
plak....plek....plok.. timpukan yang memuaskan diterimanya secara bertubi-tubi.....
__________________________________________________________________________________
           Pertanyaan tentang asrama B di IPB itu bukan hanya satu atau dua orang yang menanyakan, namun banyak dan mungkin semuanya masih penasaran akan hal itu. berita pertama yang saya dengar, asrama itu berada di sebelahnya asrama putri khususnya A1. asrama itu sudah terbakar beberapa tahun silam ada yang bilang setelah ditempati dan ada yang bilang juga sebelum ditempati. ada yang bilang juga karena asrama B terlalu dekat dengan asrama putri sehingga dikhawatirkan akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. cerita lain datang dari penganut ilmu kegaiban, asrama itu berdiri di atas kuburan keramat sehingga yang empunya tidak rido akan hal itu atau mungkin dengan kata lain gentayangan kali yaaa. Piss
         sebagai orang yang menurut ramalan seorang kristiani tidak boleh bersentuhan dengan hal-hal yang mistik karena katanya jiwa saya rentan terhadap makhluk halus, dengan pelan tapi pasti saya menjawab itu sebagai tantangan. dari pada takut sama makhluk halus lebih baik takut sama Dzat yang maha halus, Allah..
dengan tekad yang kuat (walaupun sedikit takut) aku mengajak ketiga temanku yang lain, ismanda, hasan, dan agung untuk mendatangi asrama B itu yang katanya berada di dekat A1. jalannya melewati perkebunan salak yang terlihat jalan lurus penuh lumut. setelah sampai di tepi pandangan dari jalan raya, ternyata terdapat hamparan pemakaman yang sudah sangat tua tapi agak terawat (sebagian). subhanallah
         pikiranku jadi agak melenceng kemana-mana. dengan berlaga seperti tidak takut, aku ajak teman yang lain untuk menjelajahi pemakaman itu dan membaca biodata mereka (yang sudah mati),. setelah agak puas walaupun belum tau kepastian sejarahnya kami meninggalkan area yang lumayan luas itu. dan ternyata bukan saya sendiri yang ketakutan, ternyata agung juga ketakutan dan selalu mau berjalan di baris paling depan....
nanti di kabari lagi deh tentang sejarah versi yang lainnya. dan bukan hanya itu misteri-misteri di asrama. nantikan kisah selanjutnya ya.....

KLIK

Sang Pujangga Al Amin

JERITAN HATIMU
                ( Arthawijayadiningrat )

Tatkala kamu menjerit disebabkan beratnya penganiayaan, maka kamu tidak akan mendengar selain pantulan suaramu sendiri. Ketika kamu mengeluh karena sakit, maka kamu tidak mendapatkan selain gema keluhanmu. Tatkala mengalir dari kedua matamu air mata akibat merasa terkalahka, maka ketahuilah bahwa kamu memiliki anak panah yang tajam yang tidak diketahui oleh orang–orang zhalim tersebut, anak panah yang meluncur dari busur do’a–do’amu, disaat kamu melantunkan : YAA RABBI

Tatkala dosa-dosamu membentuk suatu bendungan yang menghalangi antara kamu dengan cahaya, dan ketika kesalahan–kesalahanmu menjadi suatu pengikat yang mencegahmu untuk bersegera menuju kebaikan dan disaat penghalang semakin tinggi dan kunci–kunci semakin diperkuat maka ketahuilah kamu punya tuhan yang mengampuni semua dosa–dosa, bila dia mendengarkan jeritan permohonan : YAA RABBI.

Tatkala ombak mengamuk, badai menggila dan akal-akal menjadi tidak stabil dan jeritan semakin menggema tersingkaplah kelemahan, dan manusia akan mengakui ketidakberdayaan mereka dan maha kemampuan-Nya, kepakiran mereka dan maha kaya-Nya, maka pada saat itu lidah–lidah akan melafadkan dengan setengah mati dan pehuh ketakutan teriakan–teriakan minta pertolongan : YAA RABBI.

Tatkala kamu menempuh jalan–jalan, lantas kamu temukan bahwa jalan– jalan tersebut telah tertutup dan kamu mengetuk pintu-pintu dan mendapatkan pintu–pintu tersebut telah terkunci dan kamu meminta bantuan dari orang yang bisa memberikan bantuan, namun tiada di sana selain orang tidak mampu dan pengecut, maka ketahuilah bahwa pintu–pintu ditutupkan agar kamu mengetuk pintu-Nya. Dan dipotong semua tali–tali agar kamu berpegang pada tali-Nya. Dan bahwa dia merindukan untuk mendengarkan darimu alunan–alunan seruan : YAA RABBI.

Tatkala orang kaya mengandalkan hartanya, dan orang kuat berpegang pada kehebatannya serta orang yang punya kedudukan harta hanya memperhatikan wibawa, pengaruh, dan kedudukannya, maka seorang yang beriman melemparkan semua kekuatan itu jauh–jauh, dan bersandar kepada Tuhan pencipta kekuatan–kekuatan tersebut, dan berlindung pada pojok yang kuat, tatkala meluncur dari dalam kedalaman lubuk qalbunya pekikan permintaan bantuan YAA RABBI

Kembalilah engkau kepada jalan dimana tuhan ada di sana. Dan berteriaklah dengan sekeras–kerasnya dengan air mata berlinang. SEMOGA BERHASIL

Senin, 03 Januari 2011

Mewaspadai Matrikulasi ( Kuliah Alih Tahun) TPB IPB

                 Matrikulasi di Institut Pertanian Bogor diperuntukkan mahasiswa yang masuk melalui jalur USMI dan BUD. Mata kuliah yang diberikan ada dua jenis dan bersifat pilihan, yaitu Pengantar Matematika dan Kimia Umum. Walaupun bisa dikatakan hanya mengulang pelajaran SMA, tapi bukan saatnya anda berlaga sok pintar disini. kedua mata pelajaran itu memang lebih susah dibandingkan ketika di SMA. hal ini bukan hanya omong kosong belaka, buktinya sedikit sekali  mahasiswa yang  mampu  mendapat nilai A. selebihnya mendapatkan nilai B, C, D, bahkan E (naudzubillah). Misalnya peraturan yang diterapkan untuk Kimia  yaitu, sebagai berikut:
    • Nilai Akhir >= 75 bernilai mutu A
    • 60 <= Nilai < 75  bernilai mutu B
    • 45 <= Nilai < 60 bernilai mutu C
    • 30 <= Nilai < 45 bernilai mutu D
    • 0 <= Nilai < 30 bernilai E
    Untuk nilai A, B, dan C tidak perlu mengulang sedangkan untuk nilai D boleh mengulang tanpa praktikum dan nilai E wajib mengulang.
                Jadi intinya buat teman-teman semua wajib mempersiapkan sebaik-baiknya sebelum dan selama matrikulasi berlangsung. untuk membantu teman-teman semua disediakan link untuk mendapatkan slide kuliah matrikulasi gratis. selamat berjuang !!

    Cari Blog Ini